Pterydophyta

SPERMATOPHYTA    : TUMBUHAN BERBIJI
ANTHOPHYTA            : TUMBUHAN BERBUNGA
PHANEROGAMAE      : TUMBUHAN BERALAT KELAMIN JELAS/MENEMPEL
EMBRYOPHYTA SIPHONOGAMAE     : TUMBUHAN BERLEMBAGA (BEREMBRIO)
PTERYDOPHYTA       : TUMBUHAN PAKU

Gambar di samping adalah gambar tanaman kelakai
yang masih muda.
Di Kalimantan Tengah kelakai dijadikan penganan paforit dan biasanya di olah menjadi sayur.
Berdasarkan penelitian yang sudah pernah di publikasi kelakai memiliki khasiat sebagai suplamen penambah darah, obat awet muda, penambah ASI untuk ibu yang sedang menyusui dan obat tekanan darah tinggi.

Kelakai sebenarnya tidak hanya tumbuh di Kalimantan tetapi tumbuh juga di daerah Sumatra dan daerah lain yang kondisi tanahnya masih tanah gambut. Namun penggunaan kelakai sebagai penganan masih dominan dilakukan oleh masyarakat Kalimantan.
Selain karena khasiat yang tersebut di atas konsumsi kelakai juga karena tanaman ini mudah ditemukan dan harganya murah.

Hari ini status ini di buat karena dua alasan pertama karena hari ini sekolah menyarankan guru-gurunya buat blog dengan wordpress padahal saya sudah punya di blogspot jadi wordpress untuk informasi umum buat murid-murid saja dan alasan kedua adalah makan siang hari ini sayurnya kelakai dan itu juga nggak dapat beli tapi di cari sendiri, karena pagi ini kami mancing bersama dan sambil menunggu pancing di tarik ikan kami memetik kelakai yang banyak tumbuh di sekitar area pemancingan dan kebetulan akhir-akhir ini sering hujan sehingga kelakai tumbuh subur.
Banyak yang suka kelakai yang warnanya merah kata orang-orang lebih berhasiat tetapi saya suka yang warna putih dan masih muda karena rasanya tidak kelat dan tidak terlalu berlendir dan lebih enak jika di buat sup, di campur tahu, ikan asin gabus, di masak sayur asam dan tidak di masak tongseng sebab jika di masak dengan cara di tongseng hasilnya jadi sedikit dan cepat habisnya ha….ha…

Cukup sekian status tentang kelakai dan besok saya tambahkan foto-foto penganan dengan bahan dasar kelakai. Besok hari saya perkenalkan wadi (ikan asin khas Kal-Teng) dan ikan asin khas Kal-Teng,  ditunggu ya….

About suchianabio

senang biologi,bahasa Inggris dan Jepang
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s